Manfaat media sosial untuk startup

Manfaat media sosial

Manfaat media sosial untuk startup

Manfaat media sosial – Sebagai sebuah startup, cara terbaik untuk menggapai target pasar Anda kemungkinan besar adalah melalui pemasaran online. Dan meskipun pemasaran melalui email dan respon secara langsung bisa efektif, media sosial juga bisa menjadi platform pemasaran yang bisa digunakan oleh startup (jika Anda memang belum menggunakannya).

Kita semua tahu bahwa media sosial digunakan oleh banyak jenis konsumen. Tapi meskipun demikian, banyak orang yang tidak melihat potensi yang dimiliki oleh pemasaran media sosial. Beberapa perusahaan bahkan merasa bahwa ROI (Return on Investment) media sosial, seperti like, share, dan komentar, tidak memberikan manfaat apa-apa kepada perusahaan.

Apakah Anda memiliki pemikiran yang sama? Jika ya, berikut adalah beberapa alasan mengapa media sosial bisa bermanfaat pada startup Anda:
Baca juga: Bagaimana media sosial bisa menjadi alat pemasaran yang kuat dan juga murah untuk startup Anda

Berguna sebagai media untuk mendengarkan konsumen Anda

Pemasaran melalui media sosial menawarkan satu aspek riset yang unik yang tidak dimiliki oleh jenis riset pemasaran lain: akses menuju feedback yang sangat luas dengan biaya yang sangat murah. Media sosial bisa membantu Anda mengetahui apa yang diinginkan konsumen dengan biaya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang dibutuhkan untuk riset pemasaran tradisional.

Alasan lain mengapa media sosial merupakan alat yang bagus adalah melalui platform ini, Anda mampu mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan layanan Anda. Berikut adalah sedikit dari laporan dari mendengarkan feedback melalui media sosial:

Baca Juga : Kegagalan Startup Menurut Pengakuan Para Founder

Laporan ini memperlihatkan jumlah percakapan online yang terjadi (dalam hal ini mengenai donor darah), dan juga sentimen dari masing-masing percakapan. Media sosial memungkinkan para pemasar untuk tidak hanya menghitung jumlah percakapan yang terjadi tapi juga mengetahui sentimen dari tiap percakapan tersebut. Itu merupakan aset yang penting bagi para pemasar dan bisa menentukan kesuksesan kampanye media sosial.

Tapi itu masih bukan alasan utama Anda dalam menggunakan channel ini. Media sosial bukan hanya murah, tapi juga lebih spesifik. Pengguna media sosial sekarang sudah sangat banyak dan tidak bisa dipungkiri bahwa data yang ada di media sosial jumlahnya juga sangat banyak. Media sosial bisa memberikan Anda akses menuju berbagai informasi yang menjadi faktor penentu dalam bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi riset Anda sesuai dengan demografi.

Berikut adalah rekap dari apa yang bisa ditawarkan media sosial: ukuran sampel yang lebih besar dan opsi modifikasi yang jauh lebih banyak, dengan harga yang lebih murah.

Bangun komunitas penggemar Anda

Ini adalah faktanya: dalam beberapa tahun terakhir ini, biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah startup naik dengan sangat pesat, dan membuat iklan untuk memperoleh lead dan margin penjualan yang menguntungkan menjadi semakin mahal. Solusinya untuk para founder startup saat ini adalah mengurangi biaya pemasaran dan iklan Anda sembari meningkatkan efektivitas.

Menggunakan media sosial adalah jawaban atas solusi tersebut.

Bagaimana caranya? Mari kita telusuri satu per satu. Semua orang sekarang memiliki media sosial. Dan sekali lagi kami ulangi: di zaman ini, opsi terbaik untuk mencapai target pasar yang relevan secara luas adalah melalui media sosial.

Dan dengan kampanye media sosial yang memiliki target, dibantu dengan alat media sosial yang bagus, Anda bisa secara konsisten meningkatkan jumlah penggemar Anda, dan secara tidak langsung meningkatkan konversi.

Dengan memiliki basis penggemar yang besar, Anda bisa memperoleh dua hal: Anda bisa beriklan dengan lebih efektif, sehingga memungkinkan Anda mengurangi pengeluaran untuk beriklan, dan ketika Anda sudah memperoleh penggemar yang berperan sebagai alat pemasar untuk startup Anda, Anda bisa terus menjual produk Anda atau bahkan mengandalkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak penggemar.

Itu merupakan siklus yang menguntungkan.

Anda punya banyak cara untuk meningkatkan penggemar Anda secara online, yang akan kita bahas dalam artikel selanjutnya. Tapi apapun yang Anda lakukan untuk meningkatkan komunitas penggemar online Anda, penting untuk memastikan bahwa aktivitas yang Anda lakukan berbasis pada nilai dari brand Anda.

Tidak ada gunanya memberikan iPad gratis sebagai hadiah jika produk startup Anda tidak ada hubungannya dengan teknologi atau bahkan aplikasi atau website yang dioptimasi oleh iPad.

Menghasilkan lead

Kemampuan untuk mendengarkan dan mengawasi target pasar Anda secara alami memungkinkan Anda mengendalikan percakapan dan pada akhirnya menghasilkan lead.

Lalu, bagaimana cara mengendalikan percakapan online? Jalin hubungan dengan target pasar Anda. Didik dan sediakan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi. Seiring waktu, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan status Anda sebagai ahli dalam industri Anda akan meningkat.

Salah satu contoh yang bagus adalah kesuksesan Xiaomi di China. Perusahaan ini meluncurkan produk pertamanya di tahun 2011, dan sekarang perusahaan smartphone ini menjual lebih banyak produk daripada Apple di China. Xiaomi menggunakan strategi yang brilian untuk memperoleh dan mengubah penggemarnya menjadi konsumen yang membayar – dan sekaligus membantu mereka melakukan pemasaran.

Baca Juga : Struktur Tim Ideal untuk Startup Kita

Sebelum smartphone-nya diluncurkan, Xiaomi membuat sebuah forum untuk OS MIUI-nya yang dibuat dengan basis Android, dan menyebut para pengguna awal mereka dengan sebutan “Mi fans”.

Para pengguna ini, yang berpartisipasi dalam mencoba OS MIUI di berbagai perangkat Android dan memberikan feedback, sering membuat post di forum tersebut. Jumlah pengguna forum tersebut mulai bertumbuh dan orang yang ikut berdiskusi di dalamnya juga semakin banyak.

Dalam waktu singkat, forum tersebut tumbuh sampai ke titik mereka memiliki beberapa segmen khusus yang masing-masing mendiskusikan topik yang berbeda, seperti pusat download, panduan untuk pemula, dan Xiaomi College. Penggemar Xiaomi juga mulai berkumpul secara offline, bertemu bersama tiap sekitar dua minggu. Pertemuan seperti itu terjadi di 30 kota di China, dan para pengguna yang ikut serta mendapat kesempatan untuk berbicara dan berinteraksi dengan teknisi Xiaomi. Sejumlah “Mi Fans” bahkan diundang dalam acara peluncuran produk baru Xiaomi.

Ada semacam budaya ‘membuat sebuah identitas bersama’ pada strategi media sosial Xiaomi. Banyak upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman lebih dari sebagai seorang penggemar, dan itu menjadi hal yang sangat penting ketika Anda mencoba membuat mereka mau membeli produk Anda – terutama jika sebagian besar penjualan Anda lakukan secara online. Dalam sebuah kasus, Xiaomi menjual lebih dari 200.000 smartphone dalam waktu kurang dari tiga menit dalam sebuah event yang mirip dengan Cyber Monday versi China.

Penting diketahui bahwa media sosial bisa meningkatkan basis pengguna Anda dan memberikan lead dan juga calon konsumen. Tapi media sosial sebenarnya juga bisa langsung menciptakan lead dan penjualan.

Dan bukankah semua itu merupakan tujuan bisnis Anda sebagai startup?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *