Langkah Mudah Mendefinisikan Nilai Jual Startup

Nilai Jual Startup

Langkah Mudah Mendefinisikan Nilai Jual Startup

Nilai Jual Startup – Rancangan penawaran nilai startup merupakan faktor yang akan menentukan dan membedakan bisnismu dengan para kompetitor. Jika kamu gagal menarik perhatian pelanggan, mereka tidak akan membeli produk maupun layananmu.

Artikel ini akan membantumu mendefinisikan nilai yang bisa kamu tawarkan kepada para pelanggan melalui lima langkah mudah.

Prinsip dasar rancangan penawaran nilai suatu startup

Pertama, kamu harus memahami apa saja yang harus ada dalam prinsip dasar penawaran nilai startup. Kamu harus merujuk kembali ke poin ini meskipun telah memahami lima tahap lainnya guna memastikan kamu telah memiliki nilai tawar yang menarik baik bagi pengguna maupun investor.

Nilai tawar dari suatu startup mestinya:

  • Penting bagi penggunanya dan dapat menyelesaikan suatu permasalahan atau memenuhi kebutuhan mereka.
  • Unik dan sulit untuk ditiru.
  • Cukup kuat untuk menarik perhatian serta mendorong terjadinya promosi dari mulut ke mulut.
  • Jelas dan menyenangkan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah membaca dan memahami produk.

Pada dasarnya, nilai tawar perusahaanmu harus dengan cepat dan jelas menjabarkan apa saja yang akan pelanggan dapatkan ketika membeli produk atau layananmu, dan mengapa bisnismu berbeda dengan para kompetitor lainnya.

Penawaran nilai yang baik

Ada banyak contoh penawaran nilai yang baik, tapi Uber adalah perusahaan yang telah melakukannya dengan sempurna.

Dalam nilai yang mereka tawarkan, perusahaan ini secara tersirat menyoroti semua kekurangan yang terdapat pada layanan taksi tradisional, sembari menekankan kehebatan layanan yang mereka miliki. Gambar dari situs Uber ini menjelaskan kesederhanaan dan kenyamanan yang layanan mereka tawarkan:

Nilai yang ditawarkan oleh Uber di website mereka.

Fitur utama Uber membuat mereka menonjol karena menawarkan hal yang sangat kontras dengan pengalaman yang ditawarkan oleh taksi tradisional.

Cara menuliskan penawaran nilai dalam lima langkah mudah

Sekarang, mari kita mulai menulis model penawaran nilai untuk perusahaan kamu.

Langkah 1: Apa hal hebat perusahaan kamu miliki?

Cara memulai yang baik adalah dengan memikirkan tentang apa, bagaimana, dan mengapa:

  1. Tulislah hal positif dan mengesankan dari produk dan layananmu. Termasuk masalah apa saja yang dapat produk dan layananmu selesaikan, rata-rata biaya yang dibutuhkan, atau nilai tambah yang bisa diberikan.
  2. Selanjutnya, tambahkan informasi detail tentang bagaimana produk atau layananmu bekerja. Apakah ada proses inovatif yang kamu terapkan atau kamu memiliki teknologi super canggih untuk melakukannya?
  3. Terakhir, pikirkan tentang mengapa kamu melakukan hal tersebut. Tanyakan pada dirimu apa yang menjadi tujuan dari perusahaan, bagaimana ide ini dapat mengubah dunia, hal apa yang membuatmu bangun setiap pagi untuk mewujudkan ide startup tersebut?

Setelah kamu menuliskan semuanya, saatnya kita pindah ke langkan kedua.

Langkah 2: Apa yang ditawarkan oleh para kompetitor?

Sekarang kamu butuh melihat para kompetitor. Banyak startup inovatif mengatakan pada kamu bahwa mereka tidak punya kompetitor. Ini sebenarnya sangat jarang terjadi!

Meskipun produkmu adalah yang pertama dari jenisnya, banyak orang yang pernah mencoba menyelesaikan masalah yang sama sebelumnya. Mereka adalah pesaing kamu.

Kenali siapa atau apa saja pesaingmu. Kemudian, tulislah dengan jujur apa saja kehebatan dan kekurangan masing-masing dari mereka. Kamu bisa saja mempertimbangkan tentang fitur yang mereka miliki tapi tidak kamu miliki, perbandingan struktur harga, atau masalah tertentu yang mereka punya, misal citra brand yang negatif.

Pada akhir dari langkah ini, kamu semestinya sudah mempunyai daftar lengkap peta pasar tempat kamu akan bersaing.

Langkah 3: Siapa sasaran kamu dan apa yang mereka cari?

Sebaiknya kamu membuat satu contoh profil pelanggan ideal (persona).Kamu bisa saja berjualan di berbagai sub-segmen berbeda, tapi persona ini merupakan perwujudan dari pelanggan utama kamu. Sangat mungkin melakukan ini dengan berbagai jenis profil pelanggan, tapi penemuan kami menunjukkan startup mendapatkan hasil yang lebih baik ketika mereka fokus pada satu jenis pelanggan ideal di masa awal.

Setelah kamu telah mengidentifikasi jenis profil pelanggan idealmu, pikirkan tentang:

  • Problem dan tujuan apa saja yang mereka punya yang berkaitan dengan produkmu,
  • Problem apa yang mereka coba selesaikan,
  • Hal apa saja yang mengganggu mereka, dan
  • Resiko apa yang mereka hadapi.

Selain itu, pikirkan juga:

  • Apa saja yang ingin mereka raih dalam hidup dan karier,
  • Hal apa yang membuat hidup mereka menjadi lebih mudah, atau
  • Apa yang mereka harapkan orang lain akan pikirkan tentang mereka.

Jika kamu telah membuat lima hingga sepuluh poin daftar problem dan tujuan pelanggan, saatnya kita beranjak ke langkah keempat.

Langkah 4: Mengapa mereka harus memilihmu?

Ini adalah waktunya untuk mempersempit informasi-informasi ini, sehingga kita bisa mulai memahaminya dan mengubahnya menjadi penawaran nilai yang lebih ringkas.

Pertama, cek lagi daftar yang telah kamu buat di langkah satu dan dua. Sekarang, bahas dan soroti daftar yang menunjukkan keunggulan kamu, tapi punya nilai berbeda dari pesaingmu. Ini adalah proposisi penjualan unik kamu (USPs).

Baca Juga : Saya Keluar dari Facebook demi Membangun Startup Sendiri

Selanjutnya, cek lagi problem dan tujuan yang dimiliki pelanggan, pilihlah yang menurutmu paling penting untuk mereka. Kemudian, urutkan berdasarkan tingkat kepentingan. Kamu sebaiknya fokus pada problem yang berada di urutan pertama hingga ketiga untuk memastikan nilai yang kamu tawarkan sudah ringkas.

Langkah 5: Ciptakan penawaran nilai untuk startup kamu dengan menggunakan kerangka ini

Kamu bisa menuliskan penawaran nilai dengan menggunakan kerangka berikut (jika kamu butuh kerangka yang lebih detail,

Untuk [para pelanggan] yang [punya masalah ini], [produk] kami menyediakan [simpulan dari solusi]. Dengan [merek kami], kamu [daftar utama dari USPs].

Contohnya adalah nilai yang ditawarkan oleh Uber:

“Untuk pengguna taksi yang mencari solusi alternatif yang lebih murah dan nyaman, aplikasi berbagi perjalanan kami menyediakan transportasi yang lebih cepat dan andal dalam hitungan menit. Dengan Uber, kamu hanya perlu memencet aplikasi dan sebuah mobil akan langsung datang kepadamu tanpa perlu dipesan sebelumnya, dan mudah untuk membayar dengan sistem pembayaran tanpa batas melalui aplikasi kami.”

Baca Juga : Kesalahan membuat startup gagal


Kamu mungkin perlu melakukan beberapa kali percobaan untuk menemukan susunan bahasa yang tepat serta mendapatkan kombinasi sempurna antara problem dan solusi. Tapi selama kamu mengikuti langkah-langkah di atas, kamu semestinya bisa melakukannya dengan sangat baik. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan merumuskan penawaran nilai lainnya berdasarkan daftar yang ada di USPs untuk mengisi konten website dan promosi perusahaan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *