Teknologi dan Informasi Komputer Masa Depan

Teknologi dan Informasi Komputer Masa Depan

Teknologi dan Informasi Komputer – Membahas mengenai komputer memang tidak habisnya dari generasi kegenerasi, pasalnya dengan perkembangan zaman yang semakin modern menjadikan para ahli IT untuk menciptakan komputer yang canggih dari hari pertama ditemukannya komputer digital elektronik generasi pertama oleh
Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.

Teknologi dan Informasi Komputer
Teknologi dan Informasi Komputer

Bahkan hingga sekarang komputer masih terus berkembang hingga banyangan komputer masa depan yang banyak ditampil didalam film-film seperti di dalam film iron man.
Menurut kami gambar diatas itulah komputer yang akan kita temui dimasa mendatang. Dalam rangka penyesuaian artikel ini kami akan sedikit merangkum mengenai Komputer Masa Kini dan Komputer Masa Depan.

GENERASI KELIMA KOMPUTER : KOMPUTER MASA KINI

Perkembangan komputer masa kini begitu cepat dan semakin mudah digunakan oleh banyak kalangan. Siapa yang tidak kenal komputer saat ini? Barang elektronik ini begitu dibutuhkan di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Juga tanpa kita sadari, benda ini pun telah mengalami berbagai transformasi yang sangat menakjubkan. Jika dulu komputer hanya dipakai untuk mengetik dokumen atau mengerjakan pekerjaan sederhana lainnya, maka lain halnya dengan komputer yang ada pada saat ini.

Pada masa sekarang di negara-negara maju seperti amerika,inggris dan cina serta saat ini juga indonesia ingin berkembang teknologi ,sedang maraknya perkembangan teknologi yang sedang mengadu kecanggihan teknologi-teknologi yang sedang di proses di negara-negara tersebut. Saat ini terjadi persaingan yang tidak ada duanya.

Beberapa jenis komputer telah dilengkapi dengan teknologi paling canggih. Jika kamu ingin tahu teknologi tercanggih pada komputer saat ini, berikut ini informasinya. Dan kami mengklarivikasi komputer masa kini merupakan Komputer Generasi Kelima (Sekarang).

Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.

Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya.

Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit. Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas.

Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih. Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

GENERASI KEENAM KOMPUTER : KOMPUTER MASA DEPAN

Era komputer generasi keenam merupakan era komputer masa depan. terdapat banyak pemikiran, ide, impian dari para ilmuwan dan pengguna komputer untuk menjadikan komputer masa depan makin canggih, makin mudah digunakan, bahkan lebih menyatu dengan kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya robot dan biochip/komputer nano yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Untuk saat ini beberapa penerapan robot dan nano komputer ke arah ini sudah dilakukan, salah satunya pada medis. Meski demikian, secara umum era ini belum dimulai. Komputer generasi keenam ini memiliki empat buah ciri utama sebagai berikut :

  • Memiliki kecerdasan menyerupai manusia (Artificial Intelligenci) dalam bentuk sistem operasi, aplikasi, perangkat keras, dan embedded system.
  • Lebih canggih dibandingkan komputer-komputer masa sebelumnya
  • Memiliki bentuk yang lebih beragam, baik dalam bentuk komputer server, komputer dekstop, komputer jinjing (notebook, netbook, ultrabook), smartphone, Rasberry phi, chip komputer, dll.
  • Mampu melakukan proses prediksi masa depan dan sejumlah kecanggihan lainnya di atas teknologi-teknologi saat ini
  • Beberapa teknologi ini berangkat dari sejumlah mimpi manusia akan teknologi komputer di masa depan. kecanggihan-kecanggihan ini bahkan belum dapat terbayangkan untuk mpemikiran manusia di zaman sekarang ini.

Mengendalikan Komputer Dengan Pikiran

Bukan hal yang mustail, teknologi seperti ini sebenarnya sudah pernah ada di zaman sekarang ini, namun hanya sebatas menggerakkan tangan robot dengan pikiran, dan bukan tidak mungkin di masa depan kita bisa sepenuhnya mengendalikan komputer (robot utuh) untuk kita gerakkan, misalnya kita suruh membelikan makanan, memasak, mencuci atau hal-hal lain yang akan merubah dan sekaligus memudahkan pekerjaan kehidupan kita.

Komputer Dalam Genggaman Tangan

Saat ini ukuran komputer (desktop) rata-rata masih memiliki ukuran panjang antara 50cm dan bukan tidak mungkin di masa depan hal tersebut bisa bertambah jauh lebih kecil, bahkan mungkin saja bisa berukuran 5cm saja. Karena mengingat komputer pertama di dunia dulunya berukuran sangat besar, puluhan kali lipat dibanding dengan ukuran komputer di masa sekarang.

Komputer Ada Dimanapun

Di masa depan komputer diprediksi akan berada di mana-mana, maksudnya adalah bahwa komputer mungkin akan diaplikasikan untuk seluruh benda, misal meja, kursi, kaca dan benda-benda datar lainnya. Bahkan prediksi saya, tembok di rumah Anda mungkin di masa depan akan berubah fungsi menjadi layar komputer.

Saya akui memang banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita dapat dari perkembangan komputer dari masa ke masa, namun satu hal yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai teknologi yang menguasai kita, karena sejatinya kitalah yang harus menguasai (mengendalikan) teknologi.

Perkembangan Komputer Di Masa Depan

Komputer masa depan lebih berpusat pada Artifical Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.

Komputer masa depan menggunakan komponen ULSI (Ultra Large Scale Integration) dan VLSI (very Large Scale Integration)

LSI (Large Scale Integration) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip, VLSI (very Large Scale Integration) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal, ULSI (Ultra Large Scale Integration) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan

Komputer masa depan menggunakan konsep programless computer (komputer tanpa program)

computer tanpa program (programless computer) pada computer generasi ke-6. Hal ini berdampak pada semakin mandirinya suatu computer karena dapat berjalan tanpa campur tangan dari seorang programmer.

Beberapa ilmuan meyakini Komputer masa depan menggunakan konsep biochip dari sari makanan

Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.

Prediksi Perkembangan Teknologi Komputer Masa Depan

Prediksi Perkembangan Teknologi Komputer Masa Depan

Semakin majunya ilmu yang mempelajari tentang teknologi akan sangan mempengaruhi perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Banyak perusahaan yang bergerak dibidang teknologi akan mengubah sistem dari kerja komputer. Masa ingat dengan Google glass? Google memperediksi bahwa teknologi dimasa depan akanterbuat dari glass, begitu juga microsoft yang telah dalam proses menciptakan sebuah teknologi berbasis glass.

Dipredeksi bahwa semua bahan yang digunakan pada komputer dimasa depan yaitu akan menggunakan glass seperti monitor serta keyboar. Keyboard dimasa depan tidak perlu menggunakan kabel seperti sekarang hanya dengan menggunakan papan keyboar pengguna dapat mengetik suatu kata dengan membaca kordinat keyboard yang terleta dipapan keyboard

Di jepang sebuah perusahaan bernama NEC Design Ltd menawarkan konsep baru tetang teknologi komputer. Konsepnya yaitu Komputer Model Pena. NEC telah menjelaskan bahwa komputer model pena ini dientuk dengan design ‘Pen-style Personal Networking Gadget Package’. Komputer ini jenis P-ISM ini memeliki beberapa fungsi yaitu diantaranya sebagai ID password yang berfungsi sebagai identitas pemilik, Camera Scanned, Proyektor kecil, Virtual Keyboar.

P-ISM terhubung satu sama lain dengan teknologi wireless yang berdekatan. Model ini juga bisa tersambug dengan internet menggunakan fungsi telepon seluler pada P-ISM ini. Gadget personal ini bergaya pena minimalis yang mempunyai fitur lengkap. Banyak orang berpikir bahwa teknologi ini hanya menggunakan model teknologi “Keyboar dan layar”

Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa pena dan kertas adalah alat tulis dan simbol yang secara alami kita terima, hanya tinggal masalah waktu saja sampai seseorang menemukan produk canggih terbatu dengan konsep Pena Pintar ataupun Kertas Pintar.

Selain NEC Design Ltd perusahaan komputer ternama di dunia yaitu Microsoft Corporation juga tida mau ketinggalan. Microsoft telah memiliki project dan sedang mengembangkan sebuah prototype komputer masa depan dan sedang menyempurnakaanya. Komputer ini disebut Microsoft Surface. Teknologi menggunakan sistem dengan dukungan waraless yang dapat dihubungkan dengan kameran digital disebuah telepon ponsel gengam,

Seperti contoh kita akan memotret suatu benda atau orang, Nah dngan teknologi yang di kembangkan oleh microsof tadi maka kita dapat meletakan kamera tersebut diatas monitor layar sentuh atau touchscreen yang menyerupai meja. Setelah ditaruh, kemudian akan muncul gambar beda atau wajah yang telah kita potret tadi di dalam layar tanpa kita memindahkanya. Kemudian dengan teknologi ini gambar tersebut bisa diperbesar atau diperkecil dibolak-balik dengan menggunakan tangan. Dan yang lebih menarik lagi. Jika kita meletakan sebuah ponsel tadi diatas meja itu. Geser gambar dimonitor tersebut kearah ponsel maka seketika itu juga gambar sudah berpindah kememori card ponsel kita tanpa kita memegang ponsel itu.

Dua perkembangan teknologi komputer diatas mungkin akan terealisasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Tetapi dalam jangka waktu panjang tersebut kita nantinya pasti akan disuguhi dengan perkembangan teknologi lain yang gak akan kalah canggihnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *