Tip Meningkatkan Traksi Startup

Tip Meningkatkan Traksi Startup

Tip Meningkatkan Traksi Startup

Tip Meningkatkan Traksi Startup – Mempunyai produk dengan pengguna yang banyak dan pemasukan yang besar – biasa dikenal dengan istilah traksi, tentunya merupakan mimpi setiap founder startup. Namun untuk meraihnya, tentu diperlukan strategi tertentu, yang mungkin tidak diketahui oleh semua founder.

Sebelum memulai paparannya, Asto sempat berbagi grafik perkembangan Jojonomic dalam hal jumlah total pengguna, jumlah pengguna berbayar, serta jumlah perusahaan yang bekerja sama dengan Jojonomic. Meski tidak menampilkan angka, namun jelas terlihat kalau dari tahun ke tahun, grafik tersebut terus menunjukkan pertumbuhan, dengan peningkatan terbesar ada pada grafik jumlah pengguna berbayar.

Berikut ini adalah tip meningkatkan traksi sebuah startup menurut Asto:

Produk yang berkualitas

Menurut Asto, membuat produk yang baik adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh semua startup. Selain harus bisa berfungsi dengan sempurna, sebuah produk juga harus berevolusi dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Asto juga menekankan tentang pentingnya melakukan studi banding (benchmark) agar kamu bisa mengetahui produk dan teknologi terbaru yang ada saat ini.

Sesuai dengan kebutuhan pasar

Saat membuat produk, seorang founder harus yakin kalau apa yang ia buat akan pas dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, seorang founder harus terus melakukan riset. Asto menceritakan bagaimana ia melakukan riset sebelum membangun Jojonomic, hingga akhirnya ia mengetahui kalau saat ini belum ada aplikasi keuangan yang lengkap di kawasan Asia Tenggara.
Asto pun mengingatkan kalau tidak ada yang salah dengan kegagalan, asal kamu bisa cepat memperbaikinya. Oleh karena itu, apabila produk kamu ternyata tidak diterima oleh pasar, jangan ragu untuk melakukan pivot atau mengubah strategi bisnis.

Fokus terhadap satu metrik

Banyak sekali hal yang bisa kamu ukur ketika menjalankan sebuah startup. Namun Asto mengingatkan agar jangan sampai terjebak, dan menjadi bingung dengan banyaknya data yang tersaji.

Baca Juga : Faktor Yang Menentukan Startup

Itulah alasan mengapa Asto selalu fokus pada satu metrik dalam membangun Jojonomic, yaitu jumlah pengguna berbayar. Dengan begitu, ia bisa dengan mudah menentukan hal-hal yang akan ia jadikan prioritas.

Kedekatan emosi dengan pengguna

Dalam membuat produk, kamu juga harus memastikan kalau produk yang kamu buat punya tujuan yang baik dan mampu memikat emosi pengguna. Menurut Asto, contoh paling jelas adalah bagaimana para penggemar produk Apple akan terus membeli iPhone terbaru, karena mereka punya kedekatan emosi dengan merek Apple.

Baca Juga : Alasan yang Benar untuk Memulai Mendirikan Startup Teknologi

Dalam membangun Jojonomic, Asto juga berusaha melakukan hal yang sama. Itulah mengapa dalam waktu dekat Jojonomic akan merilis program Go Paperless, di mana mereka akan menanam satu pohon setiap kali ada pengguna yang berlangganan layanan Jojonomic Pro selama satu tahun.

Mencintai pengguna

Kecintaan terhadap para pengguna, tentunya akan menjadi dorongan tersendiri untuk memberikan yang terbaik bagi mereka. “Apabila kamu mencintai pengguna kamu, maka semoga mereka juga akan selalu mencintai kamu,” begitu ujar Asto menutup paparannya tentang cara meningkatkan traksi sebuah startup.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *